3 Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya yang Harus Kamu Kenali

By Endee Communications
Article By
Endee Communications
October 3, 2022
Share This Article:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Iklan merupakan salah satu cara yang dilakukan dengan tujuan untuk mengajak, menarik perhatian, hingga memberikan himbauan kepada market yang dituju. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, masing-masing iklan memiliki tujuan yang berbeda-beda.  

Untuk itu, kamu tidak boleh sampai salah memilih jenis jenis iklan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai olehmu. Berdasarkan tujuannya, iklan sendiri memang terdiri dari beberapa jenis seperti berikut ini. 

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Jika dilihat dari tujuannya sendiri, iklan terdiri dari 3 jenis yaitu iklan komersial, iklan non komersial, dan juga iklan koporat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya yang mudah untuk kamu pahami. 

  1. Jenis Iklan Komersial 

Dalam iklan jenis komersial ini sangat cocok digunakan oleh pengusaha yang ingin memasarkan produk-produknya agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Tujuan dari iklan ini pun juga untuk menarik orang lain agar tertarik terhadap suatu produk dan ingin membelinya. 

Iklan Komersial pun terdiri dari jenis jenis iklan berikut ini. 

  • Jenis Iklan Strategis

Dalam dunia periklanan, iklan ini termasuk dalam branding. Dengan tujuan agar dapat membangun merek menjadi lebih baik. Karena citra atau image sangat penting bagi sebuah brand, maka nilai-nilai positif lah yang harus disebarkan diikuti oleh manfaat dari produk yang mereka jual. 

Untuk jangka panjang, diharapkan melalui iklan jenis ini, para konsumen dapat menaruh kepercayaan terhadap brand sehingga mampu menjadi top of mind dan mampu meningkatkan penjualan yang ada.

  • Jenis Iklan Statis

Pada jenis iklan statis, sangat cocok digunakan oleh pengusaha atau brand yang menginginkan hasil untuk jangka pendek. Di mana melalui jenis jenis iklan ini dapat mendorong para pembeli agar dapat segera membeli produk yang ditawarkan melalui iklan. 

Secara umum, iklan taktis ini menjual produk secara hard selling dengan mengambil momentum yang tepat. Misalnya, diskon pada akhir tahun atau lebaran, bonus, hingga menawarkan produk limited edition.  Sehingga secara tidak langsung memaksa para pembeli untuk memborong barang tersebut sebelum kehabisan. 

  1. Jenis Iklan Korporat  

Jenis yang satu ini memang memiliki kemiripan dengan iklan strategis karena bertujuan untuk membangun citra positif dari sebuah merek. Tapi agar tujuan iklan ini dapat berhasil tercapai dengan baik maka perlu didukung dengan fakta-fakta yang kuat agar sesuai dengan keinginan dari masyarakat atau konsumen. 

Biasanya dalam proses komunikasinya, iklan ini akan menonjolkan nilai-nilai kepedulian dari perusahaan terhadap masyarakat. Bagaimana sebuah perusahaan mengelola produk yang mereka buat, apa saja manfaat baik yang bisa dirasakan konsumen, hingga seperti apa kepeduliannya terhadap lingkungan sekitarnya. 

  1. Jenis Iklan Non Komersial

Selain iklan yang bertujuan untuk membangun image sebuah perusahaan, brand, hingga meningkatkan penjualan, ternyata ada juga iklan yang memang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat agar mengerti dan mengikuti sebuah gerakan untuk kebaikan bersama. 

Iklan seperti itu biasanya lebih dikenal dengan sebutan public service advertising. Jika mengulik berdasarkan tujuannya sendiri, jenis jenis iklan ini memang tidak memiliki kepentingan untuk mendapatkan keuntungan. 

Biasanya iklan ini hanya berisi ajakan, sebuah pernyataan, ajakan, hingga himbauan kepada masyarakat luas. Isu-isu yang diangkat pun secara umum memang berisi upaya agar masyarakat menghindari hal-hal negatif. 

Mulai dari tidak mudah percaya pada berita-berita hoax, menghindari narkoba, hemat energi, hingga yang paling dekat seperti saat ini yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan walaupun sudah vaksin karena pandemic belum berakhir. 

Itulah jenis iklan berdasarkan tujuannya yang harus kamu ketahui sebelum menentukan akan memakai iklan seperti apa. Dengan mengetahui tujuannya, kamu pun bisa memilih iklan yang sejalan dengan visi misi yang ingin dicapai, baik dalam jangka waktu panjang maupun singkat. 

Jadi, pastikan kamu telah memahami setiap jenis jenis iklan ini sesuai dengan tujuannya masing-masing dan dapat disesuaikan dengan pemakaian media yang tepat. Jika kamu masih bingung, maka pastikan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai dengan memanfaatkan iklan. 

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menentukan manakah jenis iklan yang harus dipilih terlebih dahulu. Semoga informasi ini dapat memberi manfaat untukmu.

Digital Article section
Recommendation Article.
Creative Agency - Endee Communications
5 Alasan Kenapa Creative Agency Bisa Bantu Branding Bisnis Kamu
360 Communication Strategy - Endee Communications
Ciptakan Campaign Menarik Lewat 360 Communication Strategy
Memahami Lebih Dekat Apa Itu SEO Dalam Digital Marketing
Memahami Lebih Dekat Apa Itu SEO Dalam Digital Marketing
Apa itu Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya Dalam Menjalankan Bisnis
Apa itu Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya Dalam Menjalankan Bisnis
Strategy
Endee 360’ Communication Strategy

An Integrated Communication focused on brand strategy and giving the highest impact campaign.

Strategy
Endee Creative

We pour out our limitless creativity for the future of your business.

Placement
Endee Media Specialist

We provide your media campaign with creative and make it stand out.

Buzzing
Endee Digital

Every audience journey has a different tension and we ensure the tension will get the right message, in the right content, with the right channel.

E-Commerce Enabler
Allada

Your reliable e-commerce enabler partner to grow your brands needs, ensuring a smooth and seamless customers journey.

Thank you for contacting us. Our team will immediately contact you according to the service you ask.

Team Endee Digital - Nicko Rizfyanda

Digital Strategic Manager

Nicko Rizfyanda

I am a digital marketer who has worked with various clients of multinational brands, local brands, and government institution with more than 10 years experience in marketing communication. I have a big passion for brand development and digital media acceleration. For now, I am building a digital marketing strategy, managing brand project campaigns, and growing the digital company that I hold.