Antara Reach dan Impression, Inilah Perbedaan yang Perlu Kamu Ketahui

By Endee Communications
Article By
Endee Communications
October 3, 2022
Share This Article:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Jika sebuah brand atau merek sudah memakai media sosial dalam menjalankan strategi marketing dalam memasarkan produk atau tokonya maka sangat penting untuk memahami perbedaan antara reach dan impression.  

Bagi seorang digital marketer, pasti sudah memahami dengan baik kedua perbedaan tersebut. Namun, tidak semua orang benar-benar memahami kedua hal ini. Biasanya dalam hasil analitik media social pasti akan muncul data dari kedua hal tersebut. Lalu, apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya dalam artikel ini ya. 

Memahami Perbedaan Reach dan Impression 

Agar lebih mudah untuk dipahami, kamu bisa mengenali kedua hal tersebut dari pengertiannya terlebih dahulu. Reach adalah total dari keseluruhan orang-orang yang melihat konten-konten milik kamu. Jika iklan yang kamu pasang telah terlihat oleh lebih dari 100 orang maka artinya iklan tersebut telah berhasil menjangkau 100 orang lebih. 

Sedangkan untuk Impression merupakan jumlah penayangan iklan milikmu di layar. Hal ini tidak memperhitungkan apakah iklan tersebut diklik atau hanya dilewati saja. Sehingga, jika iklan yang kamu tayangkan muncul sebanyak 200 kali di layar audiens maka impression yang kamu dapatkan berjumlah 200. 

Tapi walaupun pengertiannya seperti itu tapi nyatanya dalam setiap platform memiliki perbedaan di antara keduanya, lho. Penasaran seperti apa? Berikut ini perbedaannya berdasarkan masing-masing platform.  

Perbedaan Reach dan Impression di Platform Facebook 

Facebook secara resmi telah menyatakan bahwa reach merupakan banyaknya jumlah orang yang melihat iklan yang ditayangkan, minimal 1 kali. Di sini, reach dibedakan menjadi 3 kategori yaitu organik, berbayar, hingga yang viral. 

  • Organic Reach, merupakan orang-orang yang telah melihat iklan milikmu tanpa dibayar di newsfeed Facebook.
  • Paid Reach, merupakan bagian dari jangkauan yang berbayar. Biasanya orang-orang akan melihat iklan berbayar mu ini juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti jenis iklannya, uang yang dikeluarkan pada iklan tersebut, hingga penargetan dari audiensnya sendiri. 
  • Viral Reach, merupakan sejumlah orang-orang yang telah melihat iklan yang ditayangkan lalu tertarik untuk menakutkannya pada akunya sendiri. Hal ini biasanya meliputi like, share, dan juga komentar. 

Lalu, bagaimana dengan impression? Tentunya tidak terlalu berbeda karena Facebook juga mengkategorikannya menjadi 3 yaitu organic, berbayar, dan viral. 

  • Organic Impression, adalah tayangan iklan yang tampil pada newsfeed atau di page milikmu, gratis tanpa bayaran. 
  • Paid Impression, adalah mirip seperti Facebook Ads yang ditampilkan, sehingga kamu perlu menyiapkan dana khusus untuk itu. 
  • Viral Impression, adalah konten-konten yang pernah terkait dengan page milikmu. Hal ini pun termasuk berapa kali di like, share, hingga komentar. 

Itulah perbedaan reach dan impression dalam platform Fcaebook yang harus kamu ketahui. Jika kamu memakai Facebook Ads maka akan ada tambahan 2 jenis impression, yaitu served yaitu ketika kamu sudah membayar, iklan tersebut akan ditayangkan di suatu tempat tanpa harus muncul pada layar. 

Sedangkan untuk viewed impression  yaitu jumlah dari pengguna yang melihat iklan tersebut muncul pada layarnya. 

Perbedaan Reach dan Impression di Platform Instagram

Mirip seperti Facebook, Instagram sendiri menerapkan reach untuk mengetahui total akun unik yang telah melihat iklan yang ditayangkan melalui pos, cerita, hingga konten. Sedangkan untuk impression sendiri, Instagram menggunakannya untuk mengukur berapa kali audiens melihat posting  atau cerita milik kamu. 

Perbedaan Reach dan Impression di Platform Twitter 

Sedikit perbedaan dari kedua platform  sebelumnya, twitter tidak melacak jumlah reach tapi hanya melihat impression. Impression sendiri mengacu pada setiap pengguna twitter yang melihat dan membaca tweet milikmu. 

Secara mudah, jika kamu memiliki pengikut 1000 orang dan mereka melihat tweet terbaru milikmu atau iklan yang ada, artinya kamu telah menerima 1000 impression. Ketika kamu membalasnya maka pengguna twitter lainnya akan melihat tweet aslimu dan menghasilnya 2000 impression hingga totalnya ada 3000 impression. 

Lalu manakah yang lebih penting, antara reach dan impression? 

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, kamu harus menggunakan keduanya matriks tersebut untuk mengetahui efektifitas dari iklan atau kampanye yang sedang kamu lakukan. Sehingga kamu dapat melanjutkan strategi social media engagement. 

Karena kampanye di media social memang bertujuan untuk mendapatkan engagement, jika hal itu tidak tercapai maka ada yang salah dengan konten maupun target audiens. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagimu. 

Digital Article section
Recommendation Article.
Creative Agency - Endee Communications
5 Alasan Kenapa Creative Agency Bisa Bantu Branding Bisnis Kamu
360 Communication Strategy - Endee Communications
Ciptakan Campaign Menarik Lewat 360 Communication Strategy
Memahami Lebih Dekat Apa Itu SEO Dalam Digital Marketing
Memahami Lebih Dekat Apa Itu SEO Dalam Digital Marketing
Apa itu Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya Dalam Menjalankan Bisnis
Apa itu Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya Dalam Menjalankan Bisnis
Strategy
Endee 360’ Communication Strategy

An Integrated Communication focused on brand strategy and giving the highest impact campaign.

Strategy
Endee Creative

We pour out our limitless creativity for the future of your business.

Placement
Endee Media Specialist

We provide your media campaign with creative and make it stand out.

Buzzing
Endee Digital

Every audience journey has a different tension and we ensure the tension will get the right message, in the right content, with the right channel.

E-Commerce Enabler
Allada

Your reliable e-commerce enabler partner to grow your brands needs, ensuring a smooth and seamless customers journey.

Team Endee Digital - Nicko Rizfyanda

Digital Strategic Manager

Nicko Rizfyanda

I am a digital marketer who has worked with various clients of multinational brands, local brands, and government institution with more than 10 years experience in marketing communication. I have a big passion for brand development and digital media acceleration. For now, I am building a digital marketing strategy, managing brand project campaigns, and growing the digital company that I hold.