Ciptakan Campaign Menarik Lewat 360 Communication Strategy

By Endee Communications
Article By
Endee Communications
October 16, 2023
Share This Article:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
360 Communication Strategy - Endee Communications

Apa Itu 360 Communication Strategy?

360 communication strategy adalah salah satu teknik pemasaran campaign yang dijalankan secara holistik dan kreatif untuk menyampaikan satu pesan, tujuan, dan ide yang disampaikan kepada audiens. Cara ini dapat menghasilkan pemasaran terbaik dengan memaksimalkan beragam penyebaran pesan dengan memanfaatkan berbagai channel dan platform baik secara offline maupun online. Contohnya seperti Youtube, TV, sosial media, website, media cetak, sampai billboard. Walaupun tiap channel memiliki karakteristik audiens yang berbeda, tapi isi pesan harus selalu konsisten. Pesan juga harus bersifat general dan universal, karena pesan ini akan dilihat oleh audiens dalam skala besar dengan berbagai jenis karakteristik yang berbeda. Kamu bisa memasukkan informasi yang mencakup marketing mix seperti product, price, place, positioning, dan lainnya.

Kapan Kita Perlu Menggunakan Strategi Pemasaran 360?

Strategi Pemasaran - Endee Communications

360 Marketing merupakan strategi pemasaran yang membutuhkan biaya besar karena penyebaran campaign di berbagai channel. Maka dari itu, cara ini hanya digunakan di kondisi tertentu saja seperti ketika kamu akan melakukan brand positioning, rebranding, mengenalkan produk dan layanan baru, atau memaksimalkan produk yang sudah ada. 

  1. Brand Positioning

    Brand positioning merupakan upaya untuk menanamkan suatu brand di benak pelanggan yang dibangun dengan berbagai aktivitas untuk menciptakan interaksi antara pelanggan dengan brand tersebut. Kamu bisa memposisikan brand dengan menggunakan iklan pada beragam platform, tetapi pesan yang disampaikan harus dikemas secara relevan, jelas, dan unik agar mudah untuk dikenali oleh pelanggan. 

  2. Rebranding

    Rebranding dilakukan ketika kamu mau melakukan perubahan signifikan dalam identitas, citra, posisi pasar, atau elemen kunci lainnya untuk memperbaiki atau mengubah persepsi yang ada di benak konsumen terhadap brand kamu. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan pasar, tujuan bisnis, atau evolusi brand itu sendiri. Rebranding dapat mencakup perubahan pada logo, desain kemasan, pesan, target audiens, atau bahkan nama brand. Bertujuan untuk meningkatkan daya tarik, daya saing, atau relevansi merek di pasar.

  3. Mengenalkan Produk dan Layanan Baru

    Kamu bisa gunakan strategi marketing 360 jika brand kamu baru saja merilis produk atau layanan baru. Dengan cara ini kamu dapat membiasakan pelanggan atau audiens secara luas untuk aware dan mengenal lebih jauh tentang produk terbaru tersebut.

  4. Memaksimalkan Produk yang Sudah Ada

    Performa sebuah brand terkadang mengalami penurunan dikarenakan strategi pemasaran yang kurang baik. Dengan pendekatan 360 communication strategy, kamu bisa mengembalikan performa brand dengan meningkatkan penjualan yang dihasilkan dari pemasaran yang tepat.

Kenapa strategi 360 marketing lebih unggul dari strategi marketing lainnya?

Strategi 360 Marketing - Endee Communications

360 Communication strategy tentu memiliki kelebihan jika dibanding dengan strategi marketing lainnya. Karena memaksimalkan penggunaan seluruh channel bisnis, maka target audiens yang dicapai juga akan semakin luas. Fokus pada pengalaman pelanggan yang menyeluruh adalah salah satu keunggulan utama strategi pemasaran 360 derajat. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan di berbagai channel, bisnis kamu dapat menyusun pengalaman yang konsisten dan memuaskan bagi pelanggan.

Dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, strategi pemasaran 360 memungkinkan brand kamu untuk memahami perilaku pelanggan dengan lebih baik. Data ini digunakan untuk mengoptimalkan campaign brand, mengidentifikasi tren, mengukur ROI (Return on Investment), dan membuat keputusan berbasis data yang lebih baik. Cara ini juga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan membangun interaksi yang lebih intensif. Interaksi yang lebih aktif dapat membantu dalam menjalin hubungan yang lebih kuat antara brand dan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendorong pembelian ulang.

Bisnis kamu juga jadi lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan dalam pasar atau perilaku konsumen. Keterlibatan melalui berbagai saluran memungkinkan bisnis kamu untuk merespons tren atau masalah yang berkembang dengan cepat, memberi fleksibilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Namun, untuk memaksimalkan 360 communication strategy, kamu akan membutuhkan layanan dari 360 marketing agency. Selain ahli di bidangnya, 360 marketing agency memiliki tim tersendiri untuk merancang dan menjalankan semua aktivitas channel secara bersamaan dengan tujuan mencapai kesuksesan campaign bisnis kamu.

Penggunaan 360 Marketing di Berbagai Platform

  1. Website

    Website merupakan identitas utama sebuah brand. Segala informasi yang dibutuhkan pelanggan harus tersedia di dalam email. Mulai dari informasi produk dan layanan, projek atau portofolio, lokasi, kontak, dan lainnya. Kamu juga harus menampilkan campaign brand yang terintegrasi pada website.

  2. Email Marketing

    Penyebaran email marketing dapat menghasilkan leads dengan baik. Dengan memberikan informasi secara langsung kepada pelanggan, hal ini dapat mendorong mereka untuk melakukan transaksi. Selain itu, cara ini juga digunakan agar pelanggan jadi lebih aware jika bisnis kamu memiliki campaign baru. Hubungan dengan pelanggan lama juga tetap terjalin dengan baik lewat pesan personal yang disampaikan.

  3. Content Marketing

    Content marketing adalah salah satu cara yang paling jitu dalam menyebarkan campaign bisnis kamu. Berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten yang relevan, bermanfaat, dan dapat menarik perhatian audiens. Bertujuan untuk membangun hubungan dengan audiens, meningkatkan brand awareness, dan dapat mempengaruhi tindakan yang diinginkan seperti keputusan untuk melakukan transaksi. Konten dapat berupa artikel, video, infografis, podcast, dan lainnya. 

  4. Social Media Marketing

    Cara ini paling cocok untuk kamu yang menyebarkan campaign kamu dengan lebih cepat. Strategi pemasaran ini menggunakan beragam platform media sosial untuk menyebarkan informasi, mempromosikan produk dan layanan, meningkatkan brand awareness, dan menjalin hubungan dan keterlibatan pelanggan. Sosial media merupakan wadah terbaik untuk menargetkan audiens secara spesifik atau luas dan untuk brand baru. Contohnya lewat Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. 

  5. SEO

    Strategi  ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas ke situs web melalui upaya yang dilakukan secara organik di mesin pencari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di hasil pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi, produk, atau layanan yang relevan. 

  6. Paid Ads

    Jika kamu punya budget lebih, kamu bisa gunakan paid ads untuk memaksimalkan campaign kamu agar lebih dikenal audiens secara luas. Kamu bisa membayar platform periklanan untuk menampilkan iklan mereka kepada audiens yang ditargetkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan eksposur, lalu lintas, dan hasil investasi (ROI) dengan menargetkan potensial konsumen yang tertarik dengan produk, layanan, atau informasi yang diiklankan.

Layanan 360 Marketing Agency

Kamu bisa gunakan layanan dari marketing agency untuk bantu memaksimalkan 360 communication strategy campaign kamu. Salah satunya Endee Communication yang menyediakan consumer research, marketing analyze, dan communication creation

Digital Article section
Recommendation Article.
Creative Agency - Endee Communications
5 Alasan Kenapa Creative Agency Bisa Bantu Branding Bisnis Kamu
Memahami Lebih Dekat Apa Itu SEO Dalam Digital Marketing
Memahami Lebih Dekat Apa Itu SEO Dalam Digital Marketing
Apa itu Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya Dalam Menjalankan Bisnis
Apa itu Marketing Funnel, Manfaat dan Tahapannya Dalam Menjalankan Bisnis
Antara Reach dan Impression, Inilah Perbedaan yang Perlu Kamu Ketahui
Antara Reach dan Impression, Inilah Perbedaan yang Perlu Kamu Ketahui
Strategy
Endee 360’ Communication Strategy

An Integrated Communication focused on brand strategy and giving the highest impact campaign.

Strategy
Endee Creative

We pour out our limitless creativity for the future of your business.

Placement
Endee Media Specialist

We provide your media campaign with creative and make it stand out.

Buzzing
Endee Digital

Every audience journey has a different tension and we ensure the tension will get the right message, in the right content, with the right channel.

E-Commerce Enabler
Allada

Your reliable e-commerce enabler partner to grow your brands needs, ensuring a smooth and seamless customers journey.

Team Endee Digital - Nicko Rizfyanda

Digital Strategic Manager

Nicko Rizfyanda

I am a digital marketer who has worked with various clients of multinational brands, local brands, and government institution with more than 10 years experience in marketing communication. I have a big passion for brand development and digital media acceleration. For now, I am building a digital marketing strategy, managing brand project campaigns, and growing the digital company that I hold.